Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 14 Januari 2017

Informasi Baru SNMPTN SBMPTN 2017

Ada pengumuman terkait sistem jalur masuk kuliah nih...
Jakarta (ANTARA News) - Mohamad Nasir selaku Menristekdikti, mengumumkan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 berdasarkan sistem kuota.
Maksud dari sistem kuota itu apa sih?
Sistem kuota yang dimaksud yaitu, SNMPTN paling sedikit 30 persen, SBMPTN paling sedikit 30 persen dan seleksi mandiri paling banyak 30 persen. Begitu sederhananya. Nah mungkin masih ada yang belum ngeh sama jalur-jalur tersebut. Mari kita diskusikan...
1. SNMPTN 
Image result for snmptn 2017
merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik. Dulu terkenal dengan jalur undangan. Pendaftar SNMPTN yaitu anak-anak yang sedang duduk di kelas 3 atau 12. Teman-teman yang mau UN.
2. SBMPTN 
Image result for SBMPTN 2017
adalah jalur seleksi masuk berdasarkan nilai hasil ujian. Ini nih biasanya membuat lulusan baru stres hehe. Oiya, untuk SBMPTN peserta yang boleh mendaftar itu gak cuma lulusan sekarang, melainkan 2-3 tahun yang lalu masih bisa. Tambahan,untuk besaran persentasenya, pihak rektor masing-masing universitas yang menentukan. Jadi siap-siap mantengin web PTN-PTN favorit kalian.
3. Seleksi Mandiri (UTUL/ SIMAK UI/ UM)
Nah, kalau ini seleksi paling akhir yang diadakan oleh masing-masing PTN. Biasanya sih bayarnya lebih gedean dikit hehe. Terus untuk kuota, bisa dibilang genapin kuota yang tersisa. Semoga deh banyakan diterima di seleksi sebelumnya. Bentuknya hampir sama dengan SBMPTN, tapi bedanya penilaian diukur dari pesaing pendaftar PTN terkait. Meski demikian, yang terbaru ada usulan untuk membatasi seleksi mandiri, jadi hanya dilangsungkan selama satu kali. Kalau tahun-tahun sebelumnya ada gelombang 2-3 gitu. 
Sementara untuk ketentuannya seperti ini :
Pelaksanaan seleksi mandiri melalui SNMPTN, sekolah dapat mendaftarkan siswanya dengan ketentuan sebagai berikut.
Sekolah  akreditasi A :dapat mendaftarkan sekitar 50 % siswa terbaiknya di sekolah. 
Sekolah dengan akreditasi B : dapat mendaftarkan sekitar 30 % siswa terbaiknya di sekolah, 
sekolah dengan akreditasi C : dapat mendaftarkan 10 % sekolah terbaiknya. 
Sisanya atau akreditasi lainnya, dapat mendaftarkan 5 % siswa terbaiknya di sekolahnya.
  • Catat tanggal-tangal berikut : pengisian dan verifikasi (PDSS) oleh pihak sekolah pada tanggal 14 Januari 2017 - 12 Februari 2017
  • Pendaftaran dilakukan pada tanggal 21 Februari - 6 Maret
  • Proses seleksi 16 Maret 2017-15 April 2017 ,dan 
  • pengumuman pada tanggal 26 April 2017.

Untuk SBMPTN, terdapat dua cara yaitu, Computer based test (CBT) dan Paper based test (PBT). Pendaftaran CBT dan PBT pada tanggal 11 April 2017 - 5 Mei 2017. Kemudian ujian tulis pada 16 Mei 2017, ujian keterampilan pada tanggal 17 dan atau 18 Mei 2017, dan pengumuman kelulusan 13 Juni 2017. Untuk ujian keterampilan itu untuk beberapa jurusan saja seperti seni,olahrga,dll.
Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2017, Ravik Karsidi menyampaikan pelaksanaan seleksi masuk perguruan tinggi negeri pada tahun ini diharapkan dapat menjangkau daerah-daerah tertinggal, terjauh dan terpencil. Pada tahun 2017, ada sebanyak 78 PTN yang terlibat dalam pelaksanaan SNMPTN
Baca juga : 
Cukup itu dulu informasi mengenai seleksi masuk perguruan tingginya. Semoga bermanfaat, Thank's.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Blogger Templates